Tips Mendapatkan Tidur Nyeyak Tanpa Insomnia

tidur nyenyak tanpa insomnia

Keadaan susah tidur pada malam hari atau yang disebut dengan insomnia dapat mengganggu penderitanya. Kualitas tidur pada malam hari yang kurang baik dapat menyebabkan penderita menjadi tidak produktif dan kelelahan pada siang hari. Insomnia dapat menyerang siapa saja. Susah tidur pada malam hari dapat membuat stamina tubuh menjadi menurun dan dapat menyebabkan kesehatan menjadi terganggu.

Orang yang mengalami insomnia biasanya merasakan kegelisahan pada malam hari dan menyebabkan susah tidur. Kurang tidur dapat menjadi penyebab datangnya berbagai penyakit karena tubuh yang kekurangan istirahat memiliki daya tahan tubuh yang berkurang dibandingkan mereka yang memiliki aktivitas tidur yang normal.

Menurut penelitian, insomnia yang berkepanjangan dapat meningkatkan bermacam resiko kesehatan. Dalam literasi dunia medis sudah seringkali efek buruk dari insomnia ini. Bermacam-macam resiko kondisi medis yang dapat menghinggapi penderita insomnia antara lain membuat sistem kekebalan tubuh melemah, tekanan darah tidak stabil dan cenderung tinggi, resiko kejang, peningkatan resiko penyakit gula, serangan pernafasan berupa asma dan juga penyakit jantung. Oleh sebab itu, menjaga kualitaa tidur menjadi sangat penting dan tidak dapat diabaikan begitu saja.

Agar dapat tidur nyeyak tanpa gangguan insomnia berikut ada beberapa cara untuk membantu mengurangi insomnia.

Hindari kafein

Minuman atau makanan yang mengandung kafein dapat menyebabkan tidur lebih sulit dan membuat jantung berdebar lebih kencang. Sebaiknya hindari minum kopi di waktu malam hari untuk mengurangi jumlah kafein yang dikonsumsi.

Matikan alat elektronik atau ponsel

Mematikan alat elektronik dan ponsel dapat membuat suasana tidur dan fikiran menjadi lebih tenang sehingga tidak terganggu. Selain itu, gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan perangkat ponsel disinyalir juga dapat mengganggu kualitas tidur.

Konsumsi pisang dan almond

Mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium yang tinggi dapat membantu tidur nyenyak karena dapat menstimulus otak menjadi lebih tenang.

Terapi musik menggunakan brainwave

Musik beta gelombang dapat membuat otak menjadi rileks sehingga dapat membantu untuk dapat lebih mudah tidur. Musik brainwave dapat berupa suara-suara yang mengeluarkan gelombang sedemikian rupa yang mampu mengajak otak untuk lebih riklek. Dalam musik brainwave dikenal istilah gelombang alpha, delta dan theta.

Meditasi dan latihan pernafasan

Meditasi merupakan salah satu cara untuk sejenak menyegarkan otak dari berbagai persoalan masalah ataupun beban pikiran. Meditasi dapat dilakukan  dengan cara mengatur alur nafas berupa oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Meningkatnya oksigen dalam tubuh otomatis meningkat juga oksigen di dalam otak. Disinyalir naiknya jumlah oksigen di dalam otak akan membantu dan menjaga kualitas tidur.

Hindari kebiasaan begadang

Suatu hal yang dilakukan berulang-ulang dapat menjadi suatu kebiasaan, begitupun dengan begadang yang hanya sekali saja dapat menjadi suatu kebiasaan bila tidak dicegah dan akhirnya menimbulkan susah tidur. Rubah begadang menjadi pola yang lebih sehat.

Pastikan keadaan kamar kondusif

Keadaan kamar yang nyaman dan bersih dapat membuat anda dapat merasakan kenyamanan untuk merebahkan tubuh beristirahat sehingga dapat membantu anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Olahraga

Olahraga yang teratur dapat membuat tubuh lebih bergerak aktif. Otot tubuh akan lebih lentur dan tidak telalu kaku. Otot yang jarang digerakkan akan membuat cenderung kaku sehingga menyulitkan tidur.

Itulah beberapa tips agar dapat tidur nyenyak tanpa insomnia. Semoga bermanfaat.

You May Also Like